Home Travel Ternyata Bukan Toilet Pramugari Ungkap Bagian Paling Kotor di Dalam Pesawat

Ternyata Bukan Toilet Pramugari Ungkap Bagian Paling Kotor di Dalam Pesawat

5 min read
0
0
10

Bagi sebagian orang, bepergian naik pesawat adalah hal yang menyenangkan. Perjalanan naik pesawat terasa lebih cepat dibanding moda transportasi lain. Itulah yang membuat pesawat cukup disukai traveler.

Tapi, tahukah kamu jika ada bahaya tak disadari di balik kenyamanan yang ditawarkan pesawat? Bahaya ini memang tidak bersifat teknis, tapi cukup mengkhawatirkan karena berkaitan dengan kesehatan. Fakta menyebutkan bandara sebagai tempat berkumpulnya kuman dan bakteri yang bisa menyebar melalui udara.

Bukan hanya bandara, rupanya ada bagian paling kotor di kabin pesawat yang tak diketahui penumpang. Seorang pramugari yang tak ingin disebutkan nama aslinya membagikan informasi ini di forum diskusi Reddit. Banyak orang mengira toilet pesawat sebagai tempat paling kotor.

Padahal, ada yang lebih buruk dari itu. Tempat paling kotor di pesawat sebenarnya kantong yang ada di depan kursimu. Meski terlihat bersih, ternyata bagian ini adalah yang paling jarang mendapat perhatian petugas kebersihan.

Mulai dari tisu, sampah makanan, bungkus permen, kaus kaki hingga pakaian dalam pernah ditemukan tertinggal di dalamnya. Pramugari pemilik akun HouseOfDarling itu mengatakan, "Aku sarankan jangan pernah menyentuh kantong ini, atau memasukkan apapun ke dalamnya." "Kantong ini dibersihkan dari sampah, tapi tidak benar benar dibersihkan dengan baik. Aku pernah melihat berbagai macam barang keluar dari sana.

Tisu kotor, bungkus makanan, kaus kaki, sisa permen karet, permen yang tinggal setengah, bagian tengah sisa apel semua pernah dibuang di dalam kantong tersebut. Bayangkan bagaimana jadinya jika kamu memakai kantong tersebut untuk menyimpan barang, misalnya charger atau iPad. Aku bahkan pernah melihat penumpang menaikkan kakinya dan menyandarkan di kantong ini. Parahnya lagi, pernah ditemukan sisa potongan kuku jari tangan dan kaki di sana. Entah apa yang ada di pikiran mereka saat itu," ungkap pramugari tersebut.

Ia menambahkan, mungkin banyak orang tidak sempat ke toilet dan membuang sampah. Toilet juga bukan tempat yang pas untuk menghabiskan banyak waktu. Jadi, orang tidak akan betah berlama lama di sana.

Itulah sebabnya toilet bukan bagian paling kotor di pesawat. Pramugari ini juga mengingatkan agar penumpang pesawat tidak berjalan di lorong tanpa alas kaki. Lantai di lorong pesawat bisa 9 kali lebih kotor dari toilet.

Toilet masih sering dibersihkan, sementara lantai belum tentu. "Bayangkan, ada 200 orang dalam satu penerbangan. Mereka berada di satu tempat yang sama selama 12 jam. Tentu ada banyak bakteri dan kuman bersarang di sana," ujar pramugari tersebut. "Itulah sebabnya kita harus lebih berhati hati dan menjaga kebersihan pribadi untuk menghindari hal tak diinginkan," imbuhnya.

Pada November 2018 , Canadian Broadcasting Corporation (CBC) melakukan tes pada 18 maskapai penerbangan, termasuk Air Canada, WestJet, dan Porter antara Ottawa dan Montreal. Hasil tes menemukan tempat paling kotor adalah sandaran kepala, tes positif untuk bakteri Staphylococcus, E. coli, dan Hemolytic. Kantong kursi berada di urutan kedua dengan jumlah bakteri aerob, jamur, coliform, dan E.coli yang tinggi.

Load More Related Articles
Load More In Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Nikmati New Normal Buffet di Kembang Sepatoe Hotel Santika Premiere Bintaro

Kamu yang ingin masakan khas Nusantara ala hotel, kini Hotel Santika Premiere Bintaro tela…