Home Kesehatan Puasa Bisa Jadi Momen yang Tepat untuk Mengecilkan Perut Buncit

Puasa Bisa Jadi Momen yang Tepat untuk Mengecilkan Perut Buncit

4 min read
0
0
7

Sebagian orang punya masalah dengan perut buncit. Mereka melakukan banyak cara untuk mengecilkan perut buncit. Sebab, perut buncitbukan hanya bikin penampilan jadi kurang menarik, tapi membuat kita pun sulit bergerak. Akhirnya banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk mengembalikan ukuran perut ke bentuk semula.

Saat puasa waktu makan berkurang menjadi dua kali, hanya saat berbuka dan sahur. Mestinyahal ini membuat berat badan cenderung stabil bahkan menurun. Nyatanya, pengurangan waktu makan tidak bisa membuat perut buncit langsung mengempis.

Kita juga perlu memperhatikan asupan makanan dan menjaga gaya hidup tetap sehat bila ingin mendapatkan manfaat baik dari berpuasa. Adapun kebiasaan buruk saat berpuasa yangwajib dihindari antara lain: Didorongoleh rasa lapar dan haus yang sangat tinggi, sering kali berbuka menjadi ajang balas dendamsaat setelah berpuasa seharian.

Tentubukan hal yang baik memasukan segala macam makanan tanpa batasan saat berbuka. Akibatnya, asupan kalori dalam tubuh bisa melebihi dari yang seharusnya. Kebutuhan kalori orang dewasa pada umumnya adalah sekitar 2000 untuk pria dan 1500 untuk wanita. Inilah yang menyebabkan perut buncit saat puasa. Saat sahur baiknya kita tidak menambah porsi makan, karena yang membuat rasa lapar cepat atau tidak bukan jumlah porsi makanan, melainkan komposisinya.

Mengonsumsi makanan dalam porsi yang tidak berlebihan tentu dianjurkan dengan susunan menu yang meliputi komposisi nutrisi yang lengkap, seperti karbohidrat (nasi), lauk pauk (daging, tahu atau tempe), dan serat (sayur dan buah buahan). Hindari mengonsumsi mi instan atau makanan kaleng, karena selain cepat mengenyangkan juga cepat membuatmu merasa lapar kembali. Ini juga yang bisa membuat perut menjadi tambah buncit.

Puasa juga sering dijadikan alasan untuk tidak berolahraga. Padahal tetap aktifberolahraga penting agar pembakaran makanan hingga peredaran darah tetap lancar. Untuk mencegah perut buncit saat puasa, kamu dianjurkan untuk tetap melakukan olahraga namun dengan intensitas yang ringan agar tubuh tidak kelelahan. Berikut Olahraga sederhana yang dapat dilakukan saat menunggu buka puasa: Yoga adalah olahraga yang dilakukan dengan metode memusatkan fokus pada titik tertentu dengan teknik serta gerakan.

Olahragaini dapat membentuk otot perut, sit up dan push up diperlukan agar lemak yang tertimbun di perut dapat terbakar dengan baik dan tergantikan oleh masa otot. Bersepeda 30 menit setiap harinya setara dengan pembakaran kalori sebesar 300 kalori. Selain perut buncit yang menghilang, kegiatan bersepeda juga dapat melatih otot paha dan tungkai agar lebih kuat.

Sangat disarankan untuk melakukan olahraga ini minimal 30 menit untuk membakar 500 900 kalori dari tubuh. Jogging atau lari santai adalah olahraga paling mudah untuk mengecilkan perut.(Anjar Saputra)

Load More Related Articles
Load More In Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

8 Tempat yang Menyimpan Paling Banyak Kuman yang Kita Sentuh Setiap Hari

Kuman atau istilah untuk menyebut semua mikroorganisme, bakteri, dan virus, ada di hampir …