Home Metropolitan Menanti Modernisasi Stasiun Bekasi & Penyelesaian Jalur Ganda

Menanti Modernisasi Stasiun Bekasi & Penyelesaian Jalur Ganda

3 min read
0
0
8

Sekretaris Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Zulmafendi mengatakan, Stasiun Bekasi sebagai salah stasiun paling ramai karena melayani penumpang KA komuter dan penumpang KA jarak jauh akan dikembangkan. Pengembangan stasiun itu akan memberikan ruang yang lebih luas dan kenyamanan bagi penumpang. Namun untuk bisa menyelesaikan pembangunan tersebut, dibutuhkan kerja sama dari semua pihak, termasuk masyarakat sekitar agar pekerjaan bisa berlangsung dengan lancar dan cepat selesai.

"Pembangunan Stasiun Bekasi menjadi bagian dari pembangunan jalur dwi ganda (double double track/DDT) Manggarai Cikarang. Pembangunan itu sudah sangat ditunggu penyelesaiannya oleh masyarakat pengguna kereta, karena akan meningkatkan kenyamanan dan pelayanan pengguna jasa,” kata Zulmafendi dalam keterangan Sabtu (16/11/2019). Penyelesaian pembangunan DDT, kata Zulmafendi, akan bisa meningkatkan kapasitas lintas kereta api di sepanjang jalur Manggarai Cikarang. "Angkutan penumpang dan barang akan semakin lancar dan banyak karena ada pemisahan antara jalur komuter (KA jarak dekat perkotaan) dengan jalur utama Jawa (KA jarak jauh)," ujar Zulmafendi.

Penyelesaian pembangunan jalur DDT juga akan membantu mengurangi kemacetan di jalan raya, karena sebagian besar penumpang akan beralih dari kendaraan pribadi ke kereta. "Dengan demikian tekanan kepada pemerintah pun berkurang karena sudah tersedia angkutan perkeretaapian," tegas Zulmafendi. Sementara Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus mengatakan pihaknya sudah memulai pembangunan paket B dari proyek DDT lintas Bekasi Cikarang, dan Stasiun Bekasi.

“Kami berharap proses pengosongan lahan bisa segera dilakukan sehingga pihaknya bisa bekerja dan mempunyai ruang untuk menempatkan alat kerja konstruksi,” urai Rode. Untuk modernisasi Stasiun Bekasi nantinya akan memiliki empat peron, dan jumlah jalur akan ditingkatkan dari empat jalur menjadi delapan jalur. Pekerjaan modernisasi Stasiun Bekasi sudah dimulai dan diprediksi akan selesai pada Desember 2021.

Sedangkan modernisasi Stasiun Cikarang akan selesai lebih cepat, yakni Agustus 2021. Untuk underpass Cibitung akan selesai pada Juni 2021.

Load More Related Articles
Load More In Metropolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Pelaku Diduga Incar Pengendara Motor Sudah Ada 3 Kejadian Rentetan Penembakan Misterius di Serpong

Beberapa hari terakhir, warga Serpong, Tangerang Selatan digegerkan dengan adanya peristiw…