Home Kesehatan Melawan Kanker Paru Paru Stadium IV, Sutopo Teteskan Air Mata, Ternyata Menangis Ada Manfaatnya

Melawan Kanker Paru Paru Stadium IV, Sutopo Teteskan Air Mata, Ternyata Menangis Ada Manfaatnya

7 min read
0
0
5

Kondisi kesehatan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho terus menjadi sorotan publik. Sejak awal 2018 lalu, Sutopo didiagnosis menderita kanker paru paru stadium IV. Padahal, selama ini Sutopo dikenal selalu tampil bugar dan energik dalam menjalankan aktivitasnya.

Setelah didiagnosis mengidap kanker paru, dokter dan keluarga sempat meminta Sutopo untuk menghentikan aktivitasnya guna fokus pada pengobatan. Namun, Sutopo menolaknya dan tetap ingin bekerja membantu menginformasikan kepada masyarakat mengenai bencana bencana yang terjadi di Tanah Air. Pada Senin (4/3/2019), Sutopo Purwo membagikan kondisi terkininya.

Melalui unggahan Instagram nya, Sutopo bercerita bahwa kini ia mengalami skoliosis atau tulang belakang yang bengkok. Hal ini menyebabkan tubuh Sutopo saat berdiri terlihat semakin miring. Sutopo mengungkapakan bahwa ia mengalami skoliosis karena tulang belakangnya terkena dorongan masa kanker.

Sedih pasti rasanya mengetahui keadaan tersebut, terlebih menderita penyakit yang berbahaya. Sutopo pun mengunggah sebuah foto kembali dimana dirinya meneteskan air mata pada Rabu (13/3/2019). Menurutnya menangis bukanlah suatu hal yang salah.

"Orang kuat bukanlah orang yang tidak pernah menangis. Orang kuat adalah orang yang mengakui bahwa dirinya lemah." "Menangis adalah fitrah manusia jika ditimpa musibah. Menangis juga juga untuk melepaskan segala beban yang ada di hati kita," tulis Sutopo. Ditulisnya lagi jika yang paling baik adalah menangis dihadapan sang pencipta.

"Tentu yang paling baik menangis sendirian di hadapan Sang Pencipta. Menangis dan menyesali semua kesalahan dan kekhilafan yang pernah kita lakukan kepada diri sendiri maupun kepada Allah. Jika kita melakukan ini, sesungguhnya Allah tengah menurunkan limpahan rahmat dan nikmat yang tidak terhingga untuk diri kita." "Apalagi menangis di saat sedang bersujud. “Dan mereka bersujud sambil menangis dan mereka bertambah khusyu” (QS Al Israa’: 109)," tulisnya lagi. Ia pun mengatakan jika menangis dan mencurahkan hati kepada sang pencipta akan menjadi lebih tenang.

"Insya Allah jika setelah menangis di hadapan Allah, hati ini rasanya akan lebih tenang dan pikiran akan lebih terbuka. Yakinlah bahwa Allah mendengar dan melihat tangisan kita. Allah akan memberi jalan keluar yang terbaik kepada hambanya yang mau menyesali kesalahannya dan memohon pertolongan kepada Nya." "Menangislah!," pungkas Sutopo. Menangis adalah hal yang lumrah bagi setiap orang.

Setiap orang pasti pernah menangis karena suatu sebab. Menangis bisa disebabkan dari tekanan psikis dan emosional yang sedang dirasakan seseorang, atau hanya dari debu yang masuk ke mata. Ternyata, menangis memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental kita.

Mengutip dari medicaldaily.com, berikut 5 manfaat menangis untuk kesehatan mental dan tubuh kita. Menangis tidak hanya membersihkan mental kita dari pikiran pikiran negatif, tapi juga membersihkan zat zat racun di tubuh kita. Racun yang dimaksud adalah zat zat kimia yang dapat meningkatkan kadar cortisol atau hormon stress dalam tubuh.

Menurut penelitian dari ahli biokimia, Dr. William H. Frey yang dilansir medicaldaily.com, mengatakan bahwa aktivitas seperti menangis dan berkeringat dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Menangis juga dapat membunuh bakteri dalam tubuh. Dalam air mata manusia, terkandung enzim lysozyme.

Enzim lysozime membasmi bakteria dengan mengikis dinding pelindung bakteria. Pada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Food Microbiology, terdapat temuan yang menyebutkan bahwa air mata memiliki potensi membasmi bakteri yang sangat kuat. Kemampuannya sangat kuat hingga dapat melindungi diri dari bakteri antraks.

Air mata dapat meningkatkan penglihatan kita. Hal ini karena air mata memiliki tugas untuk membasahi membran mata saat kering. Ketika membran mata menjadi kering, penglihatan kita akan berkurang dan menjadi blur.

Air mata membasahi membran mata dan membuatnya tetap lembab dan mencegah debu menempel. Sebuah penelitian di tahun 2008 yang dilakukan Universitas Florida Selatan menemukan manfaat air mata pada sausana hati kita. Menangis dapat menenangkan pikiran kita dan meningkatkan mood atau suasana kita lebih baik dari semua obat obatan antidepresan.

Selain meningkatkan suasana hati kita, menangis dapat memberikan rasa lega bahkan ketika kita sedang stres. Seperti pada manfaat nomor 1, dengan menangis, tubuh kita akan mengeluarkan racun yang dapat meningkatkan hormon stress kita. (*)

Load More Related Articles
Load More In Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

TRIBUNNEWSWIKI – Mengenal Gejala & Pencegahan Flu Babi

<div ><div id='InformasiAwal'><ul ><li style='border b…