Home Bisnis ESDM Sebut Aturan Baru Jamin Kepastian Harga Nikel

ESDM Sebut Aturan Baru Jamin Kepastian Harga Nikel

1 min read
0
0
4

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerbitkan aturan harga patokan mineral (HPM) untuk menjamin harga nikel. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 11 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri (Permen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 07 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penetapan Harga Patokan Penjualan Mineral Logam Batubara. Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Ditjen Minerba Kementerian ESDM Yunus Saefulhak mengatakan, pelaku usaha smelter dapat menjaga kebutuhan dari adanya pengaturan harga oleh pemerintah.

“Ini dalam tujuan membuat tata niaga subsektor minerba berkeadilan, kompetitif, dan transparan. Baik untuk penambang maupun smelter," ujarnya melalui teleconference, Senin (20/7/2020). Yunus menjelaskan, harga acuan nikel itu nantinya berada di atas harga pokok produksi (HPP) penambang, namun berada di bawah standar internasional agar pelaku usaha smelter bisa membeli agar keduanya untung. Adapun, lanjut dia, harga internasional nikel sekarang yakni 60 dolar Amerika Serikat (AS) per WMT, sedangkan disini sekira 30 dolar AS.

"Ini memberikan iklim investasi murah untuk smelter, juga berada diatas harga produksi penambang nikel. Jadi, ada win win solution," pungkasnya.

Load More Related Articles
Load More In Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Upah Buruh Tani & Buruh Bangunan Naik Tipis di Juli 2020

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat upah nominal buruh tani sebesar Rp 55.613 per hari pa…