Home Travel Danau di Lampung yang Terbentuk Akibat Gempa & Letusan Gunung Berapi Jelajah Danau Ranau

Danau di Lampung yang Terbentuk Akibat Gempa & Letusan Gunung Berapi Jelajah Danau Ranau

3 min read
0
0
4

Wisata danau apa saja yang traveler kenal di Sumatra? Danau Toba, bisa jadi jawaban utama yang terlintas dalam benak kalian. Danau Toba memang terkenal hingga ke mancanegara karena proses terbentuknya yang diakibatkan oleh letusan dahsyat gunung purba, supervolcano Toba.

Namun, ada satu lagi danau di Pulau Sumatra yang memiliki asal usul pembentukan yang unik, yakni, Danau Ranau di Provinsi Lampung. Mengutip laman bobo.grid.id, Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatra setelah Danau Toba. Luasnya mencapai 125,9 kilometer persegi.

Danau Ranau terletak di Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Lampung. Saking besarnya, sebagian danau juga masuk wilayah Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Sebenarnya, Danau Ranau juga masih menjadi bagian dari pegunungan Bukit Barisan.

Danau Ranau terletak di ketinggian atau altitude 540 meter di atas permukaan laut. Keindahan Danau Ranau juga diperkaya dengan adanya pemandangan Gunung Seminung yang memiliki ketinggian 1.880 meter di atas permukaan laut. Udara di sekitar Danau Ranau cukup segar dan tak banyak polusi, ditambah dengan suasana yang tenang.

Danau ini terbentuk dari proses tektonik dan vulkanik, atau gempa besar dan letusan gunung berapi purba sekitar 55 ribu tahun yang lalu. Sehingga Danau Ranau disebut sebagai danau tekto vulkanik. Letusannya membuat cekungan besar, sehingga memunculkan danau.

Menurut hasil penelitian, Danau Ranau memiliki kedalaman rata rata 174 meter. Serta dasar danau paling dalam mencapai 229 meter. Kedalamannya berkisar tiga hingga 95 meter dengan suhu antara 10 sampai 25 derajat celcius.

Untuk mencapai danau ini, membutuhkan 9 jam perjalanan dari Kota Palembang. Atau bila berangkat dari Kota Lampung, bisa 6 jam perjalanan darat. Masyarakat sekitar memanfaatkan danau ini untuk diambil hasil ikannya.

Hanya ada beberapa jenis ikan di danau ini, mulai ikan mujair, kepor, palau, kepiat, semah, dan harongan. Tidak jauh dari Danau Ranau, ada Air Terjun Subik Tuha yang segar. Ada juga Dermaga Wisma Pusri. Dari Dermaga Wisma Pusri, kalian bisa diantar menuju Pulau Marisa.

Pulau Marisa merupakan sumber mata air panas alami yang menyehatkan.

Load More Related Articles
Load More In Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Nikmati New Normal Buffet di Kembang Sepatoe Hotel Santika Premiere Bintaro

Kamu yang ingin masakan khas Nusantara ala hotel, kini Hotel Santika Premiere Bintaro tela…