Home Seleb Berjuang Sama Diri Sendiri Nggak Semudah Itu Pengakuan Oscar Lawalata saat Pilih Jadi Wanita

Berjuang Sama Diri Sendiri Nggak Semudah Itu Pengakuan Oscar Lawalata saat Pilih Jadi Wanita

7 min read
0
0
3

Desainer tanah air, Oscar Lawalata mengungkapkan perjuangan terhadap diri sendiri terkait pilihan hidup menjadi transgender. Hal tersebut disampaikan dalam kanal YouTube The Lawalatas, Minggu (16/8/2020). Oscar menuturkan, dirinya sendiri merupakan pribadi yang unik juga tidak bisa diprediksi.

"Oscar yang pasti unik, unpredictable , karena saya tahu bahwa apa yang saya jalanin dengan personal saya, diri saya sendiri pun juga tahu," tutur Oscar. Menurutnya, cara berpikir dari sosok Oscar selalu berbeda dengan sudut pandang orang lain. Bahkan ia sendiri tak mengerti bagaimana kondisi sekarang ini bisa terjadi.

Karena memang jiwa 'perempuan' itu sudah berada di dalam dirinya. "Cara saya berpikir itu adalah selalu tidak pada umumnya gitu," terang Oscar. "Karena kalau ditanya itu bagaimana ya saya sendiri tidak tahu, maksudnya jiwa itu sudah ada di dalam," tambahnya.

Selama merasakan ada yang berbeda di dalam diri sendiri, Oscar mengaku mendapatkan bully dari lingkungan. Ketika itu, ia telah tumbuh sebagai sosok laki laki namun berperilaku feminin. Tak hanya Oscar sendiri, pihak keluarga juga mendapatkan berbagai pernyataan soal anggotanya itu.

Meskipun bully yang diterima antara Oscar dan keluarga dengan bentuk berbeda. "Saya tumbuh sebagai seorang yang feminin itupun juga social judgement juga ada." "Keluarga saya pun untuk menerima social judgement beda dengan saya gitu," jelas Oscar.

Keunikan dalam diri Oscar, diakui memang bertolak belakang dengan yang seharusnya terjadi. Di mana ada perbedaan nilai yang dianut oleh Oscar maupun pihak keluarga Lawalata. Namun ia menyadari bahwa untuk menyelesaikan semua ini dibutuhkan dengan trik khusus.

Oscar sempat berpikir bagaimana cara untuk menjelaskan pilihannya kepada keluarga. Tetapi satu hal yang diketahui oleh dirinya, bahwa sang mama dan adik, Mario Lawalata merupakan pribadi yang terbuka. "Jadi keunikan itu banyak juga perbenturan perbenturan dari mereka untuk mengerti saya di mana saya sendiri juga pengertian ini memang perlu skill khusus."

"Saya memang berpikir ini bagaimana saya menjelaskan, tapi satu yang saya pegang saya tahu mama saya dan adik saya itu adalah open minde d," ungkap Oscar. Meski demikian, Oscar menyadari bahwa mama dan adiknya masih dalam proses untuk menerima itu semua. Karena sang mama, Reggy Lawalata dan Mario tak mengalami apa yang dialami oleh Oscar sampai saat ini.

Akan tetapi mereka tengah mencoba untuk mengerti apa yang dialami oleh Oscar. Walaupun semua yang berkaitan soal personal diri hanya Oscar yang bisa menilainya. "Tetapi mereka sendiri masih proses dengan open minded mereka itu, 'kan mereka tidak mengalami yang saya alami," ucap Oscar.

"Tapi mereka mencoba mengerti apa yang saya alami, dalamnya saya itu 'kan mereka nggak bisa ukur, hanya saya yang bisa ukur itu." "Artinya saya berpikir mereka tidak tahu sejauh apa yang saya rasa in the end ," imbuhnya. Meski kini keluarga Lawalata nampak harmonis, Oscar mengatakan harus melalui suatu proses.

Di mana mereka harus saling mengenal satu sama lain dan itu bukan hal yang mudah. Bahkan ia sempat merasakan kecewa hingga sakit hati, soal pilihannya menjadi perempuan itu. "Kalau orang ngelihat kita kayanya harmonis, perjalanannya nggak seperti itu pasti ada prosesnya untuk saling mengenal satu sama lain."

"Dan akhirnya dengan pembenturan kalau ditanya kalau mau ngikutin sakit hati saya, kekecewaan pasti ada," ujar Oscar. Meski merasa kecewa hingga sakit hati, Oscar selalu mencoba untuk berpikir lebih jauh. Bahwa apa yang dikatakan oleh keluarga, mereka memang jujur untuk mengatakan itu.

"Pada saat saya kecewa dan sakit hati itu pada akhirnya mereka selalu keluar kata 'kita terima kamu, tetapi kadang kita nggak ngerti lo itu apa?'." "Tapi aku dalamin lagi apa yang keluar dari mulut mereka itu jujur, walaupun sakit untuk saya," tandas Oscar. Menjalani hidup dengan pilihannya, Oscar pasti pernah merasakan sakit hati.

Namun ia tahu, bahwa perjuangan kepada diri sendiri juga bukan hal yang mudah untuk dilakukan. "Kalau diukur sakit hati, pasti sakit karena untuk saya berjuang sama diri sendiri aja itu juga nggak semudah itu," lanjut Oscar.

Load More Related Articles
Load More In Seleb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Terbanglah Garudaku Chord Gitar Lagu Bangunlah Putra Putri Pertiwi – Iwan Fals

Berikut chord Bangunlah Putra Putri Pertiwi, lagu yang dipopulerkan oleh Iwan Fals. Lagu B…