Home Nasional Berikut Cara Mendaftar & Membuat Akun Akses prakerja.go.id buat Mendapatkan Kartu Pra Kerja

Berikut Cara Mendaftar & Membuat Akun Akses prakerja.go.id buat Mendapatkan Kartu Pra Kerja

7 min read
0
0
1

Cukup akses laman prakerja.go.id, kemudian mendaftarkan diri dengan membuat akun untuk mendapatkan Kartu Pra Kerja. Melansir prakerja.go.id, Rabu (25/3/2020) Kartu PraKerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Pada tahun ini, kartu prakerja akan dibagikan kepada dua juta orang.

Didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Program Kartu Prakerja merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah dengan sektor swasta. Pada tahap awal pengembangan program ini banyak dibantu oleh Tokopedia, Skill Academy Ruangguru, S2 Academy, Hacktiv8, Maubelajarapa, LinkAja, Ovo, dan Bukalapak.

Pada laman Kartu Prakerja, pengguna bisa mendapatkan panduan, tips dan trik, serta pengetahuan seputar dunia kerja melalui artikel dan video video dari praktisi, akademisi dan pelaku dunia usaha. Lantas bagaimana cara mendapatkan kartu prakerja? 1. Kunjungi laman prakerja.go.id untuk membuat akun.

2. Pilih 'Daftar'. 3. Masukkan email atau nomor telepon. 4. Selanjutnya pilih metode verifikasi.

5. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via email atau SMS. 6. Pendaftaran selesai, akun Kartu Prakerja telah dimiliki. 7. Selanjutunya, login kembali dengan email/nomor telepon dan kata sandi akun yang pernah didaftarkan.

8. Klik Daftar Kartu Prakerja. 9. Isi formulir pendaftaran. 10. Klik Selanjutnya.

11. Lakukan Tes Kemampuan Dasar. 12. Klik Selesai. 13. Setelah selesai melakukan pendaftaran dan mengisi formulir dan tes, kamu akan menerima notifikasi berikutnya di akun kamu.

Setelah selesai melakukan pendaftaran dan mengisi formulir dan tes, pemohon dapat memeriksa status pendaftaran Kartu Prakerja kamu pada akun di situs Kartu Prakerja dan klik Cek Status Pendaftaran. Tes Kemampuan Dasar menjadi satu syarat untuk mendapatkan Kartu Prakerja. Bagi pemohon yang ditolak tidak perlu memasukkan semua data untuk daftar.

Pemohon cukup memilih batch atau tahap berikutnya. Kemudian kamu akan menerima notifikasi persetujuan di akun dan email kamu. Sementara itu, melansir , pendaftaran atau pembuatan akun baru bisa dilakukan mulai April.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, di tahap awal program Kartu Pra Kerja, baru untuk sosilaisasi ke masyarakat. Kemudian, dua minggu berikutnya atau awal April, pendaftaran untuk umum dibuka sehingga masyarakat yang berminat mulai bisa memilih pelatihan yang diinginkan. Kartu pra kerja ini tahap awalnya akan dilakukan untuk sosialisasi ke masyarakat. Dan dua minggu dari sekarang, kami harapkan sudah bsia masyarakat memilih dan mempelajari sehingga bisa memutuskan akan ikut pelatihan di mana. Dua minggu dari sekarang pendaftaran akan dibuka," ujar Airlangga.

Kartu Pra Kerja ditujukan bagi masyarakat usia kerja yang sedang mencari kerja. Meski demikian, seorang yang sedang tidak mencari kerja namun berkeinginan berganti. Selain itu juga ditujukan bagi buruh, karyawan, korban PHK, lulusan SMA atau SMK dengan usia minimal 18 tahun ke atas.

Program ini diprioritaskan untuk pencari kerja usia muda. Namun tidak ditujukan bagi yang sedang bersekolah atau duduk di bangku kuliah. Airlangga mengungkapkan, biaya pelatihan yang akan ditanggung pemerintah bervariasi, mulai Rp 3 juta hingga Rp 7 juta per orang.

Sementara, insentif atau honor, akan ditransfer dalam tiga tahapan dalam bentuk e wallet. Peserta program Kartu Pra Kerja akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang diikutinya, baik online maupun offline. Selain itu, dalam Frequently Asked Questions laman prakerja.go.id juga menjelaskan cara mengatasi lupa kata sandi akun, ubah kata sandi, hingga ubah nomor telepon.

Klik Masuk pada situs Kartu Prakerja. Klik Selanjutnya. Klik Lupa Kata Sandi?

Masukkan alamat email atau nomor ponsel kamu yang telah terdaftar, lalu klik Lanjut. Pilih Metode Verifikasi yang Anda inginkan. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via email atau SMS.

Isi data dengan benar, lalu klik Ubah Kata Sandi. Kamu telah berhasil merubah Kata Sandi. Login atau Masuk ke akun Kartu Prakerja.

Klik Profil, lalu pilih Pengaturan. Pilih tab Biodata Diri, lalu klik Ubah Kata Sandi. Isi seluruh data, lalu klik Ubah.

Tolong diingat bahwa kata sandi merupakan hal rahasia. Karenanya, jangan memberikan atau menyebarkan kata sandi akunmu kepada pihak lain. Klik Profil di laman depan situs Kartu Prakerja.

Pilih Pengaturan. Pilih Ubah pada bagian Nomor HP. Selanjutnya pilih metode verifikasi.

Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan, lalu klik Verifikasi. Masukkan nomor HP baru Anda, klik Ubah Nomor HP. Selanjutnya masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS.

Nomor HP berhasil diubah. Untuk lebih lengkapnya silahkan klik

Load More Related Articles
Load More In Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Maksud di Balik Kode ”Siap Mainkan” Dalam Kasus Suap Harun Masiku-Wahyu Setiawan

Terdakwa Saeful Bahri didakwa memberikan suap SGD 19 ribu dan SGD 38 ribu atau setara Rp 6…