Home Internasional Begini Kondisinya Sekarang Presiden Honduras Dirawat Akibat Covid-19

Begini Kondisinya Sekarang Presiden Honduras Dirawat Akibat Covid-19

4 min read
0
0
2

Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez pekan lalu membutuhkan oksigen, ketika dirawat di rumah sakit karena terinfeksi virus corona (Covid 19). Demikian seorang dokter militer Letnan Kolonel Juan Diaz, yang bekerja di rumah sakit militer di ibukota, Tegucigalpa, pada Selasa (23/6/2020) waktu setempat, seperti dilansir Reuters. Ia mengatakan sekilas kepada publik terkait keseriusan kondisi medis Hernandez sehingga masih butuh perawatan di Rumah Sakit.

Diaz mengatakan kondisi Presiden saat ini "masih demam dan kesulitan bernapas." Masih belum diketahui, apakah Presiden masih dipasang oksigen untuk membantunya bernafas. Ketika Hernandez mengumumkan positif Covid 19 di televisi pada Selasa (16/6/2020), ia mengalami gejala yang ringan dan merasa kesehatan yang baik.

Presiden, isteri dan dua pembantunya dinyatakan positif Covid 19. Sebelumnya sempat diberitakan, kondisi kesehatan Presiden Hernanedez telah menunjukkan perkembangan positif ketika mendapat perawatan di sebuah rumah sakit militer. Presiden Honduras harus menjalani perawatan karena menderita pneumonia setelah terinfeksi virus corona (Covid 19).

"Saya dapat memberitahu Anda perkembangan kesehatan Presiden sejauh ini memuaskan. Dia tidak menunjukkan adanya kerusakan paru atau kondisi umum," ujar dokter spesialis Cesar Carrasco yang menangani Presiden dalam konferensi pers dari rumah sakit militer, Kamis (18/6/2020) waktu setempat. Sementara dokter merekomendasikan istirahat, Hernandez memilih tetao akan bekerja dari jarak jauh dan melalui pembantunya. "Dia stabil dan tidak menunjukkan gejala gangguan pernapasan, tapi ia selalu mudag alami kelelahan ketika ia berjalan di kamarnya," kata Carrasco.

Untuk itu , kata dia, Hernandez akan tetap dirawat di rawat inap lima atau enam hari lagi. Sebelumnya juru Bicara Pemerintah Honduras Francis Contreras mengatakan Hernandez perlu mendapat perawatan medis khusus di rumah sakit militer, termasuk menerima obat obatan melalui infus. "Secara umum kondisi kesehatannya baik, " ujar Contreras kepada para wartawan di luar rumah sakit militer, seperti dilansir Reuters, Kamis (18/6/2020).

Isteri Hernandez, Ana Garcia, juga positif terinfeksi corona, bersama dengan dua bawahan Presiden. "Isteriny tidak menunjukkan gejala penyakit Covid 19," kata Contrera. Ketika Hernandez mengumumkan positif di televisi pada Selasa (16/6/2020) lalu, ia merasakan gejala ringan

Saat itu dokter merekomendasikan dia untuk istirahat. Namun Presiden ingin tetap bekerja dari jarak jauh dan melalui pembantunya. Sejauh ini Amerika Tengah mencatat jumlah kasus yang dikonfirmasi hampir 10.000 kasus dan lebih dari 300 kasus kematian akibat Covid 19.

Meskipun demikian tidak semua orang telah mentaati aturan pembatasan yang sudah diterapkan di negara negara di Amerika Tengah.

Load More Related Articles
Load More In Internasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Rasakan Pengalaman Menggores Pena Seperti di Atas Kertas dengan Galaxy Note20 Series & S Pen

Duet maut Galaxy Note20 Series dan S Pen dapat membawa penggunanya menikmati pengalaman me…