Home Techno Alasan Asus Pindahkan Produksi Ponsel dari China ke Indonesia

Alasan Asus Pindahkan Produksi Ponsel dari China ke Indonesia

2 min read
0
0
23

Seorang pembocor gadget kenamaan, Roland Quandt, baru baru ini menulis bahwa Asus telah memindahkan sebagian besar produksi ponselnya ke Indonesia. Melalui akun Twitternya, Roland mengunggah foto sebuah kotak kemasan ponsel Asus bertuliskan "made in Indonesia". Di dekatnya tertera alamat Asus Computer GmbH di Ratingen, Jerman.

Pihak Asus membenarkan perkataan Quandt tersebut ketika dikonfirmasi. Menurut Head of PR Asus Indonesia, Muhammad Firman, Asus memang sudah memindahkan sebagian besar produksi beberapa tipe ponselnya dari China ke Indonesia. "Betul, tapi sejauh ini hanya untuk model tertentu saja," kata Firman ketika dihubungi, Kamis (15/8/2019). Firman melanjutkan, penambahan beban produksi untuk pabrik di Indonesia ini sudah dimulai untuk model ponsel Zenfone Max Pro M1 dan Max Pro M2.

Dia tidak menyebutkan berapa perbandingan antara jumlah ponsel yang dibuat di Indonesia dan di China. Adapun ponsel Asus buatan Indonesia yang ditunjukkan Quandt dalam kicauannya adalah model flagship Zenfone 6 dengan nomor model ZS630KL. Zenfone buatan Indonesia untuk pasar Eropa dan Asia. Mengapa Asus memindahkan produksi ponsel ponsel tersebut ke Indonesia? Firman mengatakan tujuannya tak lain untuk memenuhi pasar domestik Indonesia.

Selain itu, ponsel Asus bikinan Indonesia juga diekspor ke luar negeri, tepatnya kawasan Eropa dan Asia Pasifik. "Untuk mempermudah saat memenuhi kebutuhan pasar juga. Dan ternyata benar saja, kami bisa alih teknologi. Mitra kami di Batam sudah bisa memproduksi smartphone berkualitas hingga bisa memenuhi syarat untuk diterima juga di negara lain," kata Firman.

Load More Related Articles
Load More In Techno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Galaxy A01 Core Rp 1 Jutaan Galaxy A71 Rp 6 Jutaan Update Daftar Harga HP Samsung Bulan Juli

Berikut daftar harga HP Samsung bulan Juli, Galaxy A01 Core Rp 1 jutaan, Galaxy A71 Rp 6 j…