Home Travel 8 Tradisi Unik Menyambut Lebaran dari Berbagai Negara di Dunia

8 Tradisi Unik Menyambut Lebaran dari Berbagai Negara di Dunia

6 min read
0
0
9

Menyambut lebaran, banyak hal yang dipersiapkan umat muslim dari seluruh penjuru dunia. Tidak hanya sekadar mempersiapkan, ternyata di tiap tiap negara memiliki tradisi unik saat lebaran atau sebelum lebaran. Di Turki, ada sebuah tradisi unik yang dilakukan saat lebaran oleh masyarakat muslim yaitu membagikan makanan manis.

Tradisi unik lebaran ini dinamakan dengan Seker Bayrami atau Festival Makanan manis. Dilansir dari food.ndtv.com , saat lebaran tiba, anak anak akan berkeliling mengunjungi tetangga, teman dan juga kerabat terdekat. Anak anak tersebut kemudian mencium tangan kanan orang orang yang lebih tua dari mereka, setelah bersalaman dan bermaafan, tuan rumah akan menghadiahi anak anak dengan hidangan pencuci mulut seperti Turkish Delight dan Baklava.

Pemberian ini sendiri disebut sebagai hadiah yang menunjukkan rasa kasih sayang dan cinta. Di India, para perempuan memiliki suatu kebiasaan menjelang lebaran yang disebut dengan Chaand Raat. Chaand Raat merupakan kebiasaan menghias tangan dan kaki dengan henna (mehendi) dengan pola pola menarik khas tato temporer ala India.

Tidak hanya itu, masyarakat India juga memiliki kebiasaan berbagi makanan manis dan sejumlah uang untuk keluarga. Sementara itu makanan khas yang biasa mereka santap di hari raya antara lain haleem, nihari, berbagai jenis kebab, dan juga seviyan alias puding vermicelli. Masyarakat di Arab Saudi dikenal selalu merayakan idul fitri atau lebaran dengan suasana hangat.

Tradisi lebaran yang mereka lakukan adalah menggelar karpet di depan rumah. Setelah itu sang pemilik rumah duduk bersama para tetangga dan tamu yang datang sambil bercengkrama serta menyantap hidangan lebaran. Salah satu keunikan yang ada di Indonesia adalah tradisi mudik yang terjadi setiap menjelang lebaran.

Mudik bagi masyarakat Indonesia merupakan momen paling ditunggu tunggu, bahkan konon banyak masyarakat non muslim di Indonesia yang ikut merayakan tradisi mudik dengan pulang ke kampung halamannya saat menjelang lebaran. Seperti masyarakat muslim lainnya di penjuru dunia, warga Afganistan merayakan lebaran dengan membersihkan rumah, salat, dan juga makan bersama. Ternyata ada tradisi lebaran lain yang cukup unik dilakukan oleh masyarakat Afganistan.

Tradisi itu bernama Tokhm Jangi atau adu telur dan telah berlangsung sejak lama. Ya, tradisi ini menggunakan telur, yang kemudian diadu. Telur yang digunakan sebelumnya telah direbus hingga mengeras.

Siapa yang telurnya retak duluan saat diadu, dialah yang kalah. Masyarakat yang memeluk agama Islam di Australia memang tergolong kaum minoritas, namun mereka bebas dalam melakukan perayaan pada Hari Raya Lebaran tersebut. Banyak perusahaan yang memberikan hari libur kepada karyawannya yang menganut agama Islam agar bisa merayakan hari raya Islam dengan beribadah dan berkumpul dengan sanak keluarganya.

Tak hanya itu, Lebaran di Australia akan dimeriahkan dengan festival multi kultur. Festival tersebut tidak hanya melibatkan umat Muslim, tapi juga umat beragama lain untuk ikut serta memeriahkan acara tersebut. Acara ini terbuka untuk umum, bahkan pejabat sekalipun mau datang ke festival tersebut. Itulah indahnya perbedaan.

Negara tetangga terdekat dengan Indonesia ini memiliki tradisi merayakan Lebaran yang mirip dengan Indonesia. Hal ini terlihat dari suguhan makanan khas lebaran di Malaysia, seperti ketupat dan rendang. Di Malaysia dikenal juga konsep mudik ke kampung halaman atau lebih di kenal dengan istilah 'balik kampung' oleh masyarakat setempat.

Selanjutnya masyarakat Malaysia juga melakukan silaturahmi dengan sanak saudara, di mana yang lebih muda memberikan hormat kepada yang lebih tua. Ada pula tradisi orang sudah bekerja atau sudah berpenghasilan memberikan hadiah berbentuk uang kepada anak anak. Selain itu, barulah mereka pergi berziarah ke makam sanak keluarganya.

Load More Related Articles
Load More In Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Nikmati New Normal Buffet di Kembang Sepatoe Hotel Santika Premiere Bintaro

Kamu yang ingin masakan khas Nusantara ala hotel, kini Hotel Santika Premiere Bintaro tela…