Home Otomotif 5 Persen Penjualan Kendaraan Niaga di Uni Eropa Ambles 11 Kabar Buruk

5 Persen Penjualan Kendaraan Niaga di Uni Eropa Ambles 11 Kabar Buruk

2 min read
0
0
0

Bulan Januari kemarin jadi awal tahun yang kurang baik bagi manufaktur kendaraan niaga yang menggarap pasar Uni Eropa. Pasar kendaraan komersial di pasar negara negara anggota Uni Eropa di Januari 2020 turun tajam sebesar 11,5 persen berdasar data tahunan atau year on year. Data menunjukkan, jumlah registrasi kendaraan komersial baru di bulan Januari hanya sebanyak 153.114 unit, turun dari 172.930 pada bulan yang sama tahun 2019 lalu.

Dari mana sumber menurunan ini? Secara rinci penjualan kendaraan niaga di semua pasar utama UE juga mengalami penurunan tajam bulan Januari lalu, seperti Spanyol yang ambles 19,3 persen, Prancis yang minus 9,1 persen, Jerman yang juga turun 7,6 persen serta Italia yang turun 2,9 persen. Permintaan Uni Eropa untuk kendaraan niaga ringan jenis van juga turun tidak kalah tajam, yakni mencapai 10,2 persen pada bulan Januari 2020.

Permintaan truk heavy duty baru turun paling tajam di Januari. Yakni mencapai 21,7 persen. Secara keseluruhan, permintaan truk baru di Uni Eropa turun sebanyak 19,2 persen di bulan yang sama. "Di Januari 2020 jumlah registrasi baru untuk bus dan coach di Uni Eropa tumbuh 4,9 persen lebih tinggi dari pada bulan yang sama tahun 2019 lalu," sebut ACEA.

Tahun lalu, jumlah registrasi kendaraan komersial baru di 27 negara anggota Uni Eropa mencapai 2,55 juta unit. Penulis: Choirul Arifin

Load More Related Articles
Load More In Otomotif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

7 Persen buat Pembelian Mobil Toyota Selama Pandemi Corona Suku Bunga hanya 3

Di tengah kondisi pandemi Covid 19 saat ini, kebutuhan kepemilikan kendaraan untuk mobilit…